Selasa, 01 Desember 2009

MIDI file

MIDI (Musical Instrument Digital Interface), diucapkan / mɪdi /) adalah sebuah protokol standar industri yang ditetapkan pada tahun 1982 [1] yang memungkinkan alat-alat musik elektronik seperti keyboard controller, komputer, dan peralatan elektronik lainnya untuk berkomunikasi, kontrol, dan melakukan sinkronisasi dengan masing-masing lain. MIDI memungkinkan komputer, synthesizer, MIDI controller, sound card, mesin drum samplers dan mengendalikan satu sama lain, dan untuk sistem pertukaran data. MIDI tidak mengirimkan sinyal audio atau media - itu mengirimkan "pesan acara" seperti nada dan intensitas not musik untuk bermain, sinyal kontrol untuk parameter seperti volume, vibrato dan panning, isyarat, dan jam sinyal untuk mengatur tempo. Sebagai protokol elektronik, perlu dicatat untuk diadopsi secara luas di seluruh industri musik.
Catatan nama dan nomor catatan MIDI.

Semua kompatibel MIDI controller, alat musik dan perangkat lunak kompatibel MIDI-sama mengikuti MIDI 1,0 spesifikasi, dan dengan demikian setiap MIDI menginterpretasikan pesan dengan cara yang sama, sehingga dapat berkomunikasi dengan dan saling memahami. MIDI komposisi dan susunan mengambil keuntungan dari MIDI 1.0 dan General MIDI (GM) teknologi untuk memungkinkan file data musik untuk dibagi di antara banyak file yang berbeda karena beberapa ketidaksesuaian dengan berbagai alat-alat elektronik dengan menggunakan standar, portabel seperangkat perintah dan parameter. Karena musik bukan hanya data yang tercatat bentuk gelombang audio, data ukuran file sangat kecil dibandingkan.
Isi


* 1 Sejarah
* 2 Interfaces
* 3 Controllers
* 4 Messages
* 5 Komposisi
* 6 File format
o 6,1 Standard MIDI File (SMF) Format
o 6,2 Karaoke MIDI File (. KAR) Format
o 6,3 XMF Format File
o 6,4 RIFF-RMID Format File
6,5 o Extended RMID Format File



Sejarah

Teknologi MIDI standar dan dipertahankan oleh MIDI Manufacturers Association (MMA). Semua standar MIDI resmi secara bersama-sama dikembangkan dan diterbitkan oleh MMA di Los Angeles, California, Amerika Serikat (http://www.midi.org), dan untuk Jepang, Komite MIDI Association of Musical Electronic Industry (AMEI) di Tokyo (http://www.amei.or.jp). Pada akhir 1970-an, perangkat musik elektronik yang semakin umum dan terjangkau. Namun, perangkat dari produsen yang berbeda umumnya tidak kompatibel satu sama lain dan tidak dapat saling berhubungan. Model antarmuka yang berbeda termasuk kontrol tegangan analog di berbagai standar (misalnya 1 volt per oktaf, atau logaritmik "hertz per volt"); analog clock, memicu dan "gerbang" sinyal (baik positif "V-pesolek" dan negatif "S - pesolek "varietas, antara-15V to 15 V); dan kepemilikan antarmuka digital seperti Roland Corporation's DCB (bus kontrol digital), maka sistem Oberheim, dan Yamaha's" KeyCode "system. Pada tahun 1981, insinyur dan synthesizer audio desainer Dave Smith dari Sequential Circuits, Inc mengusulkan standar digital untuk instrumen musik dalam makalah untuk Audio Engineering Society. MIDI Specification 1.0 diterbitkan pada bulan Agustus 1983.

Rujukan utama untuk MIDI adalah The Complete MIDI 1,0 Detil Spesifikasi, 96,1 versi dokumen, tersedia hanya dari MMA dalam bahasa Inggris, atau dari AMEI dalam bahasa Jepang. Meskipun situs MMA sebelumnya menawarkan download gratis midi dari semua spesifikasi, link ke dasar dan spesifikasi rinci umum telah dihapus, pura-pura dengan harapan pengunjung akan membeli mahal dokumen dicetak. Namun, bahan tambahan cukup tersedia tanpa biaya pada website.

Pada awal 1980-an, MIDI merupakan faktor utama dalam membawa mengakhiri "dinding synthesizer" fenomena dalam konser band rock progresif, ketika pemain keyboard sering tersembunyi di balik bank-bank besar dari analog synthesizer dan piano listrik. Setelah munculnya MIDI, banyak synthesizer yang dirilis dalam versi rack-mount, yang berarti bahwa keyboardists dapat mengendalikan banyak instrumen yang berbeda (misalnya, synthesizer) dari satu keyboard.

Tahun 1980-an, MIDI memfasilitasi perkembangan hardware dan sequencer berbasis komputer, yang dapat digunakan untuk merekam, mengedit dan memainkan kembali pertunjukan. Pada tahun-tahun segera setelah tahun 1983 ratifikasi dari spesifikasi MIDI, MIDI interface yang dirilis untuk Apple Macintosh, Commodore 64, Commodore Amiga dan PC-DOS platform, sehingga memungkinkan untuk pengembangan pasar untuk kuat, murah, dan sekarang-meluas berbasis komputer MIDI sequencer. Atari ST yang dilengkapi dengan MIDI port sebagai standar, dan umumnya digunakan dalam studio rekaman untuk alasan ini. Sinkronisasi dari sekuens MIDI dimungkinkan oleh penggunaan MIDI timecode, sebuah implementasi dari standar kode waktu SMPTE menggunakan pesan MIDI, dan MIDI timecode telah menjadi standar untuk sinkronisasi musik digital.

Pada tahun 1991, MIDI Show Control (MSC) protokol (di Real Time System Exclusive subset) telah diratifikasi oleh MIDI Manufacturers Association. MSC protokol adalah suatu standar industri yang memungkinkan semua jenis peralatan kontrol media untuk berbicara dengan satu sama lain dan dengan komputer untuk melakukan fungsi kontrol menunjukkan dalam hidup dan hiburan kalengan aplikasi. Sama seperti musik MIDI (di atas), MSC ini tidak menular menunjukkan media yang sebenarnya - itu hanya mengirimkan data digital menyediakan informasi seperti jenis, waktu dan penomoran petunjuk teknis yang disebut dalam pesan multimedia atau pertunjukan teater hidup.

Sejumlah format file musik telah didasarkan pada bytestream MIDI. Format ini sangat kompak; sebuah file kecil seperti 10 KiB dapat menghasilkan satu menit penuh musik atau lebih disebabkan oleh fakta bahwa toko-toko file petunjuk tentang cara untuk menciptakan suara berdasarkan sintesis dengan synthesizer MIDI daripada bentuk gelombang yang tepat untuk direproduksi. Sebuah MIDI synthesizer dapat dibangun ke dalam sistem operasi, kartu suara, perangkat tertanam (misalnya berbasis hardware synthesizer) atau perangkat lunak berbasis synthesizer. Format file yang menyimpan informasi tentang apa catatan untuk bermain dan kapan, atau informasi penting lainnya seperti mungkin pitch-bend selama amplop dari catatan atau catatan kecepatan.

Hal ini menguntungkan untuk aplikasi seperti nada dering ponsel, dan beberapa video game, tetapi itu mungkin suatu kerugian untuk aplikasi lain dalam bahwa informasi tersebut tidak dapat menjamin bentuk gelombang yang akurat akan terdengar oleh pendengar yang dituju, karena setiap MIDI synthesizer akan memiliki metode untuk memproduksi suara dari MIDI petunjuk yang diberikan. Salah satu contoh adalah bahwa setiap file MIDI diputar ulang melalui Microsoft MIDI Synthesizer (disertakan dalam sistem operasi Windows) harus suara yang sama atau mirip, tetapi ketika bytestream MIDI yang sama adalah output ke sebuah synthesizer pada kartu suara yang umum atau bahkan MIDI synthesizer sistem operasi lain, yang sebenarnya dan mendengar suara yang diberikan dapat beragam. Satu kartu suara synthesizer mungkin tidak mereproduksi suara tepat synthesizer lain.

Dengan demikian, MIDI ponsel berbasis suara nada dering pada ponsel yang berbeda daripada ketika terlebih dulu pada PC. Dengan cara yang sama, sebagian besar perangkat lunak modern MIDI synthesizer bisa menangani file tapi mungkin membuat mereka benar-benar berbeda dari synthesizer yang lain, terutama karena sebagian besar alat perangkat lunak modern seperti VST Instrumen cenderung memungkinkan pemuatan berbeda modifikasi patch dan patch ini untuk menciptakan suara yang berbeda untuk setiap MIDI input. Istilah "suara MIDI" telah mendapat reputasi buruk dari beberapa kritikus, yang mungkin hasil dari kualitas masyarakat miskin sintesis suara yang disediakan oleh banyak kartu suara awal, yang bergantung pada sintesis FM wavetables bukannya untuk menghasilkan audio.
[sunting] Interfaces
Konektor MIDI Diagram

Interface MIDI fisik menggunakan DIN 5 / 180 ° connectors. Opto-mengisolasi koneksi yang digunakan, untuk mencegah loop tanah terjadi di antara perangkat MIDI yang terhubung.

Logikanya, MIDI didasarkan pada topologi jaringan cincin, dengan sebuah transceiver dalam setiap perangkat. Yang transceiver terpisah secara fisik dan logis input dan output baris, yang berarti bahwa pesan MIDI yang diterima oleh perangkat dalam jaringan yang tidak ditujukan untuk perangkat akan ditransmisikan kembali pada jalur output (MIDI-OUT). Ini memperkenalkan penundaan, salah satu yang cukup lama untuk menjadi terdengar pada MIDI lebih besar cincin.

MIDI-thru port mulai ditambahkan ke MIDI-peralatan kompatibel segera setelah diperkenalkannya MIDI, dalam rangka untuk meningkatkan kinerja. MIDI-thru port retransmission menghindari keterlambatan tersebut dengan mengaitkan MIDI-thru port ke MIDI-IN soket hampir secara langsung. Perbedaan antara MIDI-OUT dan MIDI-thru port adalah data yang berasal dari port MIDI-OUT telah dihasilkan pada perangkat yang memuat bahwa port. Data yang keluar dari perangkat MIDI-thru port, bagaimanapun, adalah duplikat yang tepat dari data yang diterima di MIDI-IN pelabuhan.

Chaining bersama seperti instrumen melalui port MIDI-Thru tidak diperlukan dengan menggunakan MIDI "patch bay," "mult" atau "Melalui" modul yang terdiri dari MIDI-IN konektor dan multiple konektor MIDI-OUT beberapa instrumen yang terhubung. Beberapa peralatan memiliki kemampuan untuk menggabungkan pesan MIDI ke dalam satu aliran, tapi ini adalah fungsi khusus dan tidak universal untuk semua peralatan. Box MIDI Melalui membersihkan skewing apapun dari bit data MIDI yang mungkin terjadi pada tahap input. Penggabungan MIDI kotak menggabungkan semua pesan MIDI muncul di salah satu dari dua input ke output, yang memungkinkan seorang musisi untuk plug-in beberapa MIDI controller (misalnya, dua musik keyboard dan pedal keyboard) untuk satu perangkat suara synth seperti Emu atau Proteus.

Semua instrumen MIDI yang kompatibel memiliki built-in MIDI interface. Beberapa komputer 'memiliki kartu suara built-in MIDI Interface, sedangkan yang lain memerlukan Interface MIDI eksternal yang dihubungkan ke komputer melalui subminiature baru D-DA-15 permainan port, konektor USB atau FireWire, ethernet atau oleh Madi ( standar RME). Konektor MIDI didefinisikan oleh standar antarmuka MIDI. Pada tahun 2000-an, sebagai peralatan komputer semakin digunakan konektor USB, perusahaan mulai membuat USB-to-MIDI audio interface MIDI yang dapat mentransfer saluran ke USB-dilengkapi komputer. Juga, karena meningkatnya penggunaan komputer untuk pembuatan musik dan komposisi, beberapa keyboard MIDI controller dilengkapi dengan USB jack, sehingga mereka dapat dipasang ke komputer yang menjalankan "perangkat lunak synths" atau perangkat lunak musik lainnya.
[sunting] Controllers

Dalam istilah populer, gaya musik piano keyboard disebut "keyboard", terlepas dari fungsi mereka atau tipe. Di antara penggemar MIDI Namun, keyboard dan perangkat lain yang digunakan untuk memicu suara musik disebut "controller", karena dengan kebanyakan MIDI set-up, keyboard atau perangkat tidak membuat suara apa pun dengan sendirinya. MIDI controller harus terhubung ke bank atau suara suara modul untuk menghasilkan nada-nada musik atau suara; keyboard atau perangkat lain adalah "mengendalikan" suara suara bank atau modul dengan bertindak sebagai pemicu. Paling umum adalah MIDI controller gaya piano keyboard, baik dengan tertimbang atau semi-weighted kunci, atau dengan gaya synth unweighted kunci. Gaya keyboard MIDI controller dijual dengan sedikitnya 25 tombol (2 oktaf), dengan model yang lebih besar seperti 49 tombol, 61 kunci, atau bahkan 88 penuh tombol yang tersedia.

MIDI controller juga tersedia dalam berbagai bentuk-bentuk lain, seperti drum elektronik pemicu; pedal keyboard yang dimainkan dengan kaki (misalnya, dengan suatu organ); EWI angin controller untuk melakukan saksofon-gaya musik dan gitar synthesizer MIDI controller. EWI, yang merupakan singkatan dari Electronic Wind Instrument, dirancang untuk pemain yang ingin bermain saksofon, klarinet, oboe, bassoon, dan suara alat musik tiup dengan modul synthesizer. Ketika alat musik tiup dimainkan menggunakan keyboard MIDI, sulit untuk mereproduksi ekspresif angin kontrol ditemukan pada instrumen yang dapat dihasilkan dengan tekanan angin dan muara sungai. Yang EWI memiliki tingkat tekanan udara menggigit sensor dan sensor di bagian mulut, 13 sensor sentuh tersusun di sepanjang sisi controller, di lokasi yang sama ke tempat kunci saksofon ditempatkan, dan menyentuh sensor untuk oktaf dan belokan.

Pad controller digunakan oleh musisi dan DJ yang membuat musik melalui penggunaan sampel suara atau sampel pendek musik. Controller pad sering memiliki dialihkan tepi bantalan dan dialihkan faders dan tombol-tombol untuk transmisi data MIDI atau perubahan; kualitas yang lebih baik-model kecepatan-sensitif. Lebih jarang, beberapa pelaku menggunakan MIDI controller lebih khusus, seperti memicu yang melekat pada pakaian mereka atau tahap item (misalnya, pesulap Penn dan pertunjukan Teller). Sebuah MIDI footcontroller adalah gaya pedalboard perangkat dengan deretan footswitches yang mengontrol bank preset, perubahan program MIDI perintah dan mengirim catatan MIDI nomor (beberapa juga melakukan penggabungan MIDI). Tipe khusus lain controller adalah kontroler drawbar melainkan Hammond organ yang didesain untuk pemain yang telah dilengkapi MIDI-modul suara organ. The drawbar controller memberikan pemain keyboard dengan banyak kontrol yang ditemukan pada tahun 1940-an atau 1950-an vintage Hammond organ, termasuk harmonik drawbars, pembicara yang berputar kontrol kecepatan switch, vibrato dan paduan suara kenop, dan perkusi dan kontrol overdrive. Seperti semua kontroler, drawbar controller yang tidak menghasilkan suara apa pun dengan sendirinya, hanya mengendalikan suara modul atau perangkat lunak perangkat suara.

Sementara kebanyakan kontroler tidak menghasilkan suara, ada beberapa pengecualian. Beberapa controller keyboard disebut "kinerja pengontrol" telah dialihkan MIDI-kunci, slider, dan tombol-tombol, yang memungkinkan controller untuk digunakan dengan berbagai perangkat lunak modul synthesizer atau suara, namun pada saat yang sama, Pengendali juga memiliki modul suara internal instrumen keyboard yang memasok suara (piano, piano elektrik, clavichord), mencicipi atau disintesis suara (string, woodwinds), dan Digital Signal Processing (distorsi, kompresi, flanging, dll). Keyboard controller ini dirancang untuk memungkinkan pemain untuk memilih antara suara-suara internal atau eksternal modul.

Pesan

Semua kompatibel MIDI controller, alat musik dan perangkat lunak kompatibel MIDI-sama mengikuti MIDI 1,0 spesifikasi, dan dengan demikian setiap MIDI menginterpretasikan pesan dengan cara yang sama, sehingga dapat berkomunikasi dengan dan saling memahami. Sebagai contoh, jika catatan dimainkan pada MIDI controller, hal itu akan terdengar nada pada saat yang tepat pada setiap instrumen yang MIDI Konektor MIDI Dalam terhubung ke controller's MIDI Out connector.

Ketika sebuah pertunjukan musik dimainkan pada instrumen MIDI (atau controller) itu mengirimkan pesan kanal MIDI dari MIDI Out connector. MIDI tipikal pesan saluran urutan sesuai dengan kunci diserang dan dirilis pada keyboard adalah:

1. Pengguna menekan tombol C tengah dengan kecepatan tertentu (yang biasanya diterjemahkan ke dalam volume catatan tetapi juga dapat digunakan oleh synthesizer untuk menetapkan karakteristik warna nada juga). Alat mengirimkan satu Catatan-On pesan.
2. Perubahan user diterapkan tekanan pada tombol sambil turun - sebuah teknik yang disebut Aftertouch (dapat diulang, opsional). Alat mengirimkan Aftertouch satu atau lebih pesan.
3. Pengguna melepas tombol C tengah, lagi-lagi dengan kemungkinan mengendalikan kecepatan pelepasan beberapa parameter. Alat mengirim satu pesan Off Catatan.

Catatan-On, Aftertouch, dan Catatan-Off semua saluran pesan. Untuk Catatan-On dan Off Catatan pesan, spesifikasi MIDI mendefinisikan sebuah angka (0-127) untuk setiap kemungkinan catatan lapangan (C, C ♯, D dll), dan angka ini dicantumkan dalam pesan.

Parameter kinerja lainnya dapat ditularkan dengan pesan saluran juga. Sebagai contoh, jika pengguna memutar roda lapangan pada instrumen, bahwa gerakan ditularkan melalui MIDI menggunakan Pitch Bend serangkaian pesan (juga pesan saluran). Alat musik menghasilkan pesan yang otonom; semua musisi yang harus dilakukan adalah memutar catatan (atau membuat gerakan lain yang menghasilkan pesan MIDI). Ini konsisten, otomatis abstraksi dari gerakan musik dapat dianggap sebagai inti dari standar MIDI.
[sunting] Komposisi

MIDI komposisi dan susunan mengambil keuntungan dari MIDI 1.0 dan General MIDI (GM) teknologi untuk memungkinkan file data musik untuk dibagi di antara berbagai instrumen elektronik dengan menggunakan standar, portabel seperangkat perintah dan parameter. Karena musik bukan hanya data yang tercatat bentuk gelombang audio, data ukuran file sangat kecil dibandingkan. Beberapa program komputer memungkinkan manipulasi data seperti musik yang menulis untuk seluruh instrumen orkestra disintesis suara adalah mungkin. Data dapat disimpan sebagai Standar MIDI File (SMF), didistribusikan secara digital, dan kemudian direproduksi oleh komputer atau alat elektronik yang juga mematuhi MIDI yang sama, GM, dan standar SMF. Ada banyak website yang menawarkan download lagu-lagu populer dan juga musik klasik dalam bentuk SMF dan GM, dan ada juga website di mana MIDI komposer dapat berbagi karya-karya mereka dalam format yang sama.

Banyak orang percaya bahwa Standar MIDI File sebagai distribusi musik format yang digunakan untuk menjadi jauh lebih menarik bagi pengguna komputer sebelum internet broadband menjadi tersedia untuk "massa", karena ukuran file yang kecil. Juga, kedatangan kompresi audio berkualitas tinggi seperti format MP3 memiliki ukuran relatif menurun keuntungan dari MIDI musik untuk beberapa derajat, meskipun MP3 masih jauh lebih besar dari SMF


Standar
File format
MIDI File (SMF) Format

Pesan MIDI (bersama dengan informasi waktu) dapat dikumpulkan dan disimpan dalam sistem file komputer, dalam apa yang biasanya disebut sebagai sebuah MIDI file, atau lebih formal, Standar MIDI File (SMF). Spesifikasi SMF dikembangkan oleh, dan dipertahankan oleh, MIDI Manufacturers Association (MMA). File MIDI biasanya dibuat dengan menggunakan sequencing berbasis komputer perangkat lunak (atau kadang-kadang hardware berbasis instrumen MIDI atau workstation) yang dapat mengatur pesan MIDI ke dalam satu atau lebih paralel "jejak" untuk merekam dan mengedit independen. Dalam kebanyakan sequencer, setiap trek yang ditugaskan untuk saluran MIDI tertentu dan / atau instrumen tertentu patch; jika terpasang musik synthesizer memiliki instrumen yang dikenal palet (misalnya karena sesuai dengan standar General MIDI), maka instrumen untuk setiap lagu dapat dipilih dengan namanya. Meskipun kebanyakan MIDI sequencer saat ini menggunakan perangkat lunak berpemilik "sesi file" daripada format SMF, hampir semua sequencer menyediakan ekspor atau "Save As ..." dukungan untuk format SMF.

Sebuah SMF terdiri dari satu bongkahan header dan satu atau lebih potongan-potongan lagu. Ada tiga format SMF berbeda; format SMF tertentu ditentukan dalam file header. Sebuah Format 0 file berisi satu lagu dan satu lagu mewakili kinerja. Format Mei 1 berisi sejumlah lagu, memungkinkan pelestarian sequencer struktur lagu, dan juga mewakili satu lagu kinerja. Format 2 mungkin memiliki sejumlah lagu, masing-masing mewakili kinerja lagu yang terpisah. Sequencer, umumnya tidak mendukung Format 2. Koleksi SMFs besar dapat ditemukan di web, paling sering dengan ekstensi. Pertengahan, tetapi kadang-kadang dengan. SMF. File-file ini adalah yang paling sering ditulis dengan (agak meragukan) asumsi bahwa mereka akan hanya pernah diputar pada MIDI Umum pemain.
[sunting] Karaoke MIDI File (. KAR) Format

MIDI-Karaoke (yang menggunakan ". Kar" file ekstensi) file adalah "tidak resmi" perpanjangan dari file MIDI, digunakan untuk menambah lirik disinkronisasi file MIDI standar. SMF pemain memainkan musik seperti mereka akan seorang. Pertengahan file namun tidak menampilkan lirik ini kecuali mereka memiliki dukungan khusus. Kar pesan. Ini sering menampilkan lirik disinkronisasi dengan musik dalam "mengikuti-the-memantul-bola" mode, pada dasarnya mengubah PC apapun menjadi mesin karaoke. Tak satu pun dari Karaoke MIDI-format file yang dikelola oleh badan standardisasi.
[sunting] Format File XMF

MMA juga telah ditetapkan (dan AMEI telah disetujui) keluarga baru dari format file, XMF (extensible Musik File), beberapa paket mana SMF potongan dengan alat data dalam format DLS (Top Kedengarannya, juga MMA / AMEI spesifikasi), untuk banyak efek yang sama seperti format file MOD. Wadah yang XMF format biner (bukan berbasis XML, walaupun memiliki ekstensi file yang serupa). Lihat artikel utama Extensible Musik Format (XMF).
[sunting] RIFF-RMID Format File

Microsoft Windows, sistem itu sendiri menggunakan RIFF eksklusif berbasis file MIDI dengan ". Rmi" extension. Catatan, Standar MIDI File tidak RIFF-compliant. Sebuah file RIFF-RMID Namun, hanyalah sebuah Standar MIDI File RIFF dibungkus dengan sepotong. Untuk alasan kompatibilitas mengabaikan banyak musisi digital format ini. Satu solusi untuk ketidakcocokan ini adalah untuk mengekstrak data bagian dari RIFF-RMID cuil, hasilnya akan menjadi biasa Standar MIDI File. RIFF-RMID bukan MMA resmi / AMEI MIDI standar.
[sunting] Extended RMID Format File

Dalam praktek direkomendasikan RP-29 ([1]), didefinisikan MMA metode untuk bundling satu Standard MIDI file (SMF) gambar dengan satu Latest Sounds (DLS) gambar menggunakan wadah RIFF teknologi. Namun, metode ini sudah usang ketika memperkenalkan MMA Extensible Musik Format (XMF), yang karena banyak fitur tambahan biasanya lebih disukai untuk MIDI yang terkait dengan tujuan bundling akan sumber daya ke depan.

Extended MIDI File (. XMI) Format

Format yang XMI berpemilik perluasan dari format SMF diperkenalkan oleh Miles Sound System, sebuah perpustakaan sopir middleware ditargetkan untuk game PC. Tidak XMI MMA resmi / AMEI MIDI standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar